Sunat Modern dan 6 Manfaatnya bagi Kesehatan

Sunat Modern dan 6 Manfaatnya bagi Kesehatan

Anak Anda tipe yang takut atau tidak untuk disunat? Sekarang katakan ke buah hati, tidak perlu lagi khawatir dengan metode penyunatan karena sekarang sudah ada sunat modern. Rasa nyeri yang dihadirkan dari tindakan sunat modern disebut-sebut lebih ringan dibandingkan metode sunat konvensional. 

Sunat atau sirkumsisi sendiri merupakan tindakan bedah pengangkatan kulit yang menutupi ujung penis. Pada metode sunat modern, alih-alih menggunakan pisau bedah, tindakan sirkumsisi menggunakan clamp yang lebih aman dan minim rasa sakit. Tindakan sirkumsisi ini sudah bisa dilakukan sejak bayi baru berusia beberapa minggu sampai dewasa. 

Bukan hanya mengarah pada anjuran keagamaan, melakukan prosedur sunat sendiri memiliki banyak manfaat kesehatan bagi orang yang disunat. Berikut ini adalah beberapa keuntungan bagi orang yang telah mengalami sirkumsisi. 

Lebih Mudah Dibersihkan 

Penis merupakan alat vital yang mesti dijaga kebersihannya dengan ekstra. Namun tidak bisa dimungkiri, adanya kulup yang menutupi kepala penis kerap membuat proses pembersihan menjadi kurang maksimal. Melakukan prosedur sunat modern pada nantinya akan membuat proses pembersihan penis menjadi jauh lebih mudah. Penis pun menjadi lebih higienis dan risiko infeksi bakteri dapat ditekan. 

Kurangi Risiko Infeksi Kemih 

Risiko infeksi saluran kemih pada pria memang lebih rendah daripada wanita. Namun, risiko itu tetap ada dan kerap menimpa pria yang belum disunat. Adanya infeksi saluran kemih yang tidak tertangani dengan baik dalam jangka waktu lama bahkan bisa menyebabkan masalah ginjal di kemudian hari. Melakukan prosedur sirkumsisi, baik dengan metode sunat modern maupun konvensional, bisa membuat risiko infeksi kemih pada pria lebih rendah sampai 88 persen dibandingkan pada pria yang tidak disunat. 

Melindungi dari Infeksi Menular Seksual 

Infeksi menular seksual memang bisa terjadi lewat hubungan seksual yang tidak aman. Karena itu, cara melindungi diri agar tidak terkena infeksi menular seksual yang paling wahid adalah melakukan aktivitas seksual yang sehat dan aman, seperti tidak bergonta-ganti pasangan dan memakai kondom. Namun, Anda bisa melindungi diri dari infeksi menular seksual pula dengan melakukan sunat modern maupun konvensional. Dalam beberapa penelitian ditemukan, pria-pria yang telah disunat pada akhirnya mampu memiliki kekebalan terhadap virus sampai 60 persen dibandingkan mereka yang tidak. Ini khususnya terjadi di area penelitian di Kenya, Afrika Selatan, dan Uganda. 

Hindari Peradangan 

Peradangan bisa terjadi di mana saja, tidak terkecuali di ara penis Anda. Umumnya, peradangan terjadi di bagian kepala penis akibat kulup pada penis yang tidak disunat sulit ditarik kembali. Kondisi ini dikenal sebagai phimosis dalam istilah dunia medis. Berbeda halnya pada pria yang disunat, risiko phimosis terjadi sangatlah kecil sehingga peradangan di area kepala penis bisa dihindari. 

Minimalkan Risiko Kanker Penis 

Kanker penis termasuk jenis kanker yang jarang terjadi. Namun, hati-hati apabila Anda tidak disunat. Soalnya, kanker ini akan lebih mudah terjadi pada pria yang tidak disunat. Melakukan penyunatan bukan hanya bermanfaat bagi Anda dengan meminimalkan risiko kanker penis, melainkan juga bagi pasangan Anda karena dapat kanker serviks lebih jarang terjadi pada pasangan seksual wanita dari pria yang disunat. 

Tekan Risiko Kanker Prostat 

Dalam sebuah studi ditemukan, terjadi penurunan risiko kanker prostat pada pria yang disunat saat usia dewasa sampai 45 persen. Sementara itu pada bayi yang disunat, risiko kanker prostat menurun sebesar 14 persen. Karena itulah, metode sunat modern sangat dianjurkan dilakukan, walaupun tidak diperintahkan agama, agar risiko kanker prostat bisa ditekan, khususnya pada pria kulit hitam yang cenderung memiliki risiko lebih tinggi. 

*** 

Masih ragu melakukan sunat modern? Jangan ragu lagi! Prosedurnya hanya sebentar dan cenderung tidak terlalu sakit. Di samping itu, manfaat kesehatannya sangat luar biasa, bukan? 

Leave a Reply