Salah Satu Pengobatan Spider Vein adalah Terapi Laser, Apa Saja Pilihan Lainnya?

Salah Satu Pengobatan Spider Vein adalah Terapi Laser, Apa Saja Pilihan Lainnya?

Salah Satu Cara Mengatasi Spider Vein adalah Terapi Laser, Apa Saja Pilihan Lainnya?

Spider vein adalah pembuluh darah di wajah, kaki, atau bagian tubuh lain yang melebar atau pecah. Kondisi ini menimbulkan munculnya garis-garis halus, kecil, dan berwarna merah, ungu, atau kebiruan di wajah atau bagian tubuh lainnya yang menyerupai sarang laba-laba. Itulah mengapa disebut spider vein

Faktor-faktor seperti, keturunan, sedang mengalami rosacea, kehamilan, dan paparan sinar matahari dapat meningkatkan risiko Anda mengalami spider vein. Tak perlu khawatir karena kemunculan spider vein ini tidak menimbulkan rasa nyeri dan tidak berbahaya, tetapi untuk beberapa orang spider vein ini cukup mengganggu penampilan. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menjalani beberapa perawatan di rumah atau prosedur kosmetik di rumah sakit atau klinik kecantikan. 

Cara Menghilangkan Spider Vein

Saat ini tersedia berbagai pilihan prosedur maupun perawatan kulit untuk mengatasi sekaligus mencegah muncul spider vein baru. Perawatan kulit biasa mungkin bisa Anda lakukan sendiri di rumah, tetapi untuk prosedur kosmetik tertentu mungkin Anda harus melakukannya di rumah sakit atau klinik kecantikan dan dilakukan oleh dokter yang sudah mengantongi lisensi.

Perlu diingat bahwa tidak semua perawatan cocok untuk semua orang, tergantung kondisi dan faktor penyebabnya. Beberapa ada yang harus mencoba berbagai perawatan sampai akhirnya menemukan yang cocok. Misalnya, spider vein yang disebabkan oleh rosacea, kemungkinan dokter akan meresepkan antibiotik oral maupun topikal. 

Adapun prosedur kosmetik yang umum dilakukan untuk menghilangkan spider vein adalah sebagai berikut. 

Terapi Laser

Prosedur lain untuk menghilangkan spider vein adalah terapi laser. Terapi ini dilakukan dengan cara menghancurkan pembuluh darah yang sudah pecah. Namun, prosedur ini dapat menyebabkan kulit menjadi sensitif selama masa pemulihan. Biayanya pun terbilang cukup mahal dan membutuhkan beberapa kali sesi untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. 

Sclerotherapy

Prosedur ini dilakukan untuk menutupi pembuluh darah yang pecah sehingga darah akan mengalir melalui pembuluh darah yang tidak tampak dari luar. Caranya yaitu dengan menyuntikkan cairan ke dalam pembuluh darah yang pecah tersebut sehingga lama-kelamaan spider vein pun akan memudar. 

Prosedur ini biasanya tidak menggunakan anastesi. Jadi, mungkin Anda akan merasa agak tidak nyaman dan sakit saat menjalani prosedur ini. Namun, kondisi ini hanya berlangsung beberapa hari saja. Hasil akan terlihat 3 – 6 minggu setelahnya. 

Intense pulsed light

Prosedur lain untuk mengatasi spider vein adalah terapi intense pulsed light (IPL). Terapi ini mirip dengan terapi laser, hanya saja intense pulsed light dilakukan dengan menggunakan cahaya khusus yang dapat menembus hingga lapisan kulit terdalam untuk menghilangkan spider vein tanpa merusak lapisan kulit di atasnya.

Cara Menghilangkan Spider Vein Secara Alami

Selain prosedur kosmetik di atas, Anda juga dapat melakukan beberapa cara alami ini untuk menghilangkan spider vein, seperti:

Menggunakan cuka apel 

Selain sering digunakan dalam masakan, cuka apel dipercaya dapat membantu memudarkan spider vein. Caranya dengan mencampurkan cuka apel dengan air biasa, lalu usapkan pada wajah atau bagian tubuh lain yang mengalami spider vein

Menggunakan Retinoid

Anda mungkin sering menemukan produk perawatan kulit yang mengandung retinoid. Kelompok obat yang masuk dalam turunan vitamin A ini tidak hanya dapat mengatasi tanda-tanda penuaan dini dan jerawat saja, tetapi juga dapat menyamarkan spider vein sekaligus meningkatkan kesehatan kulit. Namun, untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, perlu hati-hati dalam menggunakan obat ini karena dapat menyebabkan iritasi. 

Mencuci Muka dengan Air Hangat

Perawatan lain yang bisa Anda lakukan di rumah untuk memudarkan spider vein adalah dengan rutin mencuci muka menggunakan air hangat, bukan air panas. Sebab, air panas dapat menyebabkan pembuluh darah pecah.

Leave a Reply