Sesak Napas Karena Jantung Salah Satu Ciri Serangan Jantung

Sesak Napas Karena Jantung Salah Satu Ciri Serangan Jantung

Banyak masalah jantung yang berbeda dapat menyebabkan sesak napas. Ini mungkin terjadi secara tiba-tiba atau bertahap seiring waktu. Ini juga dapat terjadi hanya selama aktivitas fisik atau dalam situasi stres.

Anda tidak boleh mengabaikan sesak napas karena jantung yang tidak dapat dijelaskan, karena mungkin disebabkan oleh kondisi kesehatan mendasar yang serius. Jika Anda mengalami sesak napas, silahkan mencari perawatan medis.

Jika Anda memiliki masalah kesehatan jantung, kunjungan dengan ahli jantung adalah yang terpenting. Gejala penyakit jantung sangat beragam, dan evaluasi yang komprehensif diperlukan untuk mengidentifikasi dan mengobati masalah.

Sesak napas yang tidak dapat dijelaskan mungkin menandakan masalah mendasar dengan struktur atau fungsi jantung Anda. Di bawah ini adalah daftar kondisi jantung yang berpotensi serius dan sering didiagnosis yang mungkin muncul dengan Sesak Napas.

Sesak napas malam hari dapat muncul sebelum Anda tidur

Penyakit jantung sering berkembang dari waktu ke waktu. Lalu Anda juga memiliki tanda maupun gejala sebelum Anda memiliki permasalahan pada jantung yang serius. Bahkan Anda tidak sadar hal itu sedang mengembangkan penyakit jantung. Tanda-tanda peringatan penyakit jantung mungkin tidak jelas serta tidak sama gejalanya pada setiap orang. 

Gejala tertentu seperti sesak napas, nyeri dada, pembengkakan pergelangan kaki bisa menjadi pertanda terhadap suatu hal yang salah. Jika Anda mempelajari tanda-tandanya bisa membantu untuk mendapatkan perawatan serta bisa mencegah Anda serangan jantung maupun stroke.

Sesak napas

Disaat jantung tidak bisa memompa darah dengan semestinya, lalu darah akan kembali lagi ke pembuluh darah dan akan mengalir dari paru-paru ke jantung. Cairan yang bocor ke paru-paru dan dapat menjadi penyebab sesak napas. Ini adalah gejala gagal jantung.

Anda mungkin melihat sesak napas:

  • Selama aktivitas
  • Saat Anda sedang beristirahat
  • Saat Anda berbaring telentang — bahkan mungkin membangunkan Anda dari tidur

Pernapasan Anda dan jantung Anda memompa darah secara efektif sangat erat hubungannya. Jantung Anda memompa darah sehingga dapat beredar ke jaringan Anda dan mendapatkan oksigen dari paru-paru Anda. Apabila jantung Anda tidak bisa memompa darah dengan benar, Anda akan mengalami sesak napas.

Pada wanita tidak biasa apabila terjadinya sesak napas kadang menjadi gejala yang menyertai kelelahan. Misalnya, beberapa wanita melaporkan bahwa mereka akan mengalami sesak napas dan kelelahan yang luar biasa karena aktivitas yang mereka lakukan. Terjadinya hal ini bisa menjadi tanda umum penyebab serangan jantung pada wanita. 

Apa yang harus Anda lakukan saat terkena serangan jantung?

Jika Anda merasa mengalami serangan jantung, Anda atau orang terdekat harus segera menghubungi layanan darurat. Ke rumah sakit sendirian dengan keadaan serangan jantung tidak aman, maka segera panggil ambulans. 

Setelah Anda menghubungi layanan darurat

Ketika menghubungi layanan darurat, maka akan ditanyakan tentang obat-obatan yang dikonsumsi dan alergi Anda. Apabila Anda tidak sedang mengonsumsi pengencer darah serta tidak alergi untuk pertolongan pertama, maka petugas akan menyarankan untuk meminum aspirin sambil menunggu perawat medis. Sedangkan, jika mempunyai tablet nitrogliserin, bisa menggunakannya sesuai yang diarahkan oleh dokter dalam mengurangi nyeri dada. 

Jika Anda memiliki daftar obat yang saat ini Anda minum atau informasi tentang riwayat kesehatan Anda, Anda mungkin ingin membawa informasi ini. Ini dapat mempercepat perawatan medis Anda.

Di rumah sakit

Ketika Anda tiba di rumah sakit, Anda dapat mengharapkan petugas medis darurat untuk mengambil elektrokardiogram (EKG). Hal ini merupakan cara membebaskan rasa sakit ketika mengukur aktivitas listrik pada jantung Anda. 

Kemudian, apabila Anda mengalami serangan jantung, maka EKG bisa dilakukan untuk mencari pola listrik yang berbeda pada jantung Anda. EKG bisa menolong dokter ketika menentukan apakah otot jantung rusak serta mengetahui bagian jantung yang rusak. Dokter juga mungkin akan melakukan pengambilan darah. Apabila mengalami gejala serangan jantung, maka tubuh Anda akan melepaskan enzim serta protein sebagai dari akibat tekanan pada jantung Anda. 

Apabila Anda mengalami serangan jantung, maka dokter akan melakukan diskusi dengan Anda untuk memilih pengobatan yang tepat untuk Anda. Risiko kerusakan jantung yang parah akan berkurang jika Anda memulai pengobatan dalam beberapa jam setelah gejala berkembang.

Kapan Harus Menghubungi Dokter?

Apabila Anda mempunyai tanda-tanda penyakit jantung, maka segera untuk hubungi rumah sakit Anda. Jangan menganggap sepele apabila gejala tidak kunjung hilang atau hal yang biasa saja. 

Hubungi 911 atau nomor darurat setempat jika:

  • Anda dapat mengalami nyeri pada dada maupun gejala lain pada serangan jantung
  • Anda menderita angina serta nyeri dada yang tidak bisa hilang setelah 5 menit melakukan istirahat atau setelah meminum nitrogliserin
  • Anda pikir Anda mungkin mengalami serangan jantung
  • Anda menjadi sangat sesak napas
  • Anda pikir Anda mungkin telah kehilangan kesadaran

Leave a Reply