Prosedur Medical Check Up di Rumah Sakit

Prosedur Medical Check Up di Rumah Sakit

Merupakan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh dan penting dilakukan secara teratur dinamakan dengan medical check up. Sebelum melakukan pemeriksaan ini, terdapat beberapa persiapan yang harus dilakukan dan diketahui oleh pasien. Termasuk medical check up harga, karena pemeriksaan ini dibanderol dengan harga berbeda di tiap tempat atau rumah sakit.

Pemeriksaan ini dilakukan untuk memantau kondisi kesehatan tubuh, mendeteksi sejak dini adanya suatu penyakit atau gangguan kesehatan tertentu pada seseorang. Selain itu juga digunakan untuk menentukan langkah pengobatan lebih lanjut atau rujukan ke dokter spesialis jika hasil pemeriksaan menunjukkan adanya masalah kesehatan.

Medical Check Up

Pada umumnya medical check up dilalui dengan beberapa prosedur, seperti pemeriksaan riwayat penyakit dan riwayat keluarga. Tindakan penting dilakukan guna mendeteksi risiko apa saja yang mungkin diturunkan, selain itu dilakukan pula pemeriksaan fisik yang tujuannya untuk mengetahui ada gejala-gejala tertentu yang bisa terlihat dari kondisi fisik.

Dalam prosedur ini, pasien akan diperiksa secara teliti oleh dokter yang bertugas melakukan medical check up. Diperlukan pula pemeriksaan tanda-tanda vital untuk mengetahui frekuensi denyut jantung, tekanan darah, suhu tubuh dan lainnya. Dan yang terakhir pemeriksaan laboratorium, fungsinya untuk mengukur kadar gula, kolesterol dan masalah lain dalam tubuh.

Medical Check Up Harga

Biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan medical check up sangat bervariasi, ditentukan dari seberapa banyak pemeriksaan atau tes yang dilakukan. Selain itu juga instansi mana yang ditunjuk melakukan tes tersebut, hingga fasilitas yang digunakan. Kisaran biaya untuk pemeriksaan ini di rumah sakit mulai dari Rp350 ribu hingga Rp10 juta.

Seperti misalnya medical check up di RS Carolous Jakarta, berkisar antara Rp675 ribu sampai Rp915 ribu. RS Premier Bintaro berkisar antara Rp450 ribu sampai Rp10 juta dan terakhir di RS Siloam Jakarta mulai dariRp225 ribu sampai RRp8 jutaan. Meski begitu nominal ini akan terasa lebih ringan jika pasien memiliki asurasi kesehatan yang mendukung.

Pemeriksaan kesehatan secara berkala dapat dilakukan oleh orang yang sehat, penderita kondisi medis tertentu hingga orang yang memiliki kebutuhan khusus. Seperti penderita penyakir kronis, termasuk hipertensi dan diabetes. Orang dengan usia di atas 40 tahun dengan keluhan fisik atau riwayat penyakit kronis.

Persiapan Medical Check Up

  1. Mencatat Keluhan

Keluhan pasien menjadui hal pertama yang harus diperhatikan, bisa seperti nyeri, sakit kepa;a, perbuahan bentuk anggota tubuh, gangguan siklus menstruasi hingga alergi. Selain keluhan fisik, pasien bisa menyampaikan keluhan soal mental, seperti sulit tidur, rasa cemas berlebih, stres hingga sedih berkepanjangan.

  1. Catat Riwayat Kesehatan Keluarga

Mencakup informasi tentang riwayat kesehatan dari riwayat penyakit di keluarga inti atau kerabat dekat, informasi ini penting diketahui dokter agar mampu mendeteksi apakah pasien memiliki faktor risiko kelainan genetik atau penyakit keturunan tertentu.

  1. Biaya

Medical check up harga, seperti yang sedikit dijelaskan di atas bahwa biaya pemeriksaan kesehatan secara rutin ini tergantung dari beberapa hal. Salah satunya bergantung pada rumah sakit maupun laboratorium yang dipilih, selain itu fasilitas kesehatan biasanya juga akan menanyakan tujuan pasien menjalani pemeriksaan kesehatan.

Karena setiap tujuan terdapat beberapa jenis tes tersendiri yang nantinya direkomendasikan tim dokter kepada pasien. Misalnya medical check up untuk menikah, pasien harus menjalani pemeriksaan TORCH maupun pemeriksaan sperma. Karena kedua hal ini sangat berpengaruh bagi kelanjutan usia rumah tangga seseorang.

Leave a Reply