Mengenal Kandungan Pil KB Andalan Beserta Efek Sampingnya

Mengenal Kandungan Pil KB Andalan Beserta Efek Sampingnya

Pil KB Andalan merupakan salah satu merek alat kontrasepsi yang populer dan banyak digunakan. Pil KB ini juga hadir dalam beberapa jenis dari yang mengandung zat besi, aman untuk ibu menyusui, hingga sebagai pil darurat. 

Pil KB sendiri dikatakan memiliki efektifitas mencegah kehamilan sebesar 99% apabila dikonsumsi secara rutin dan teratur. Mereka bekerja dengan mengatur hormon yang ditimbulkan oleh zat aktif tertentu. Meski begitu, penggunaan pil KB tentu memiliki efek samping. 

Lantas apa saja kandungan pil KB Andalan dengan cara kerjanya dan apa saja efek yang mungkin ditimbulkan? Berikut penjelasannya. 

Kandungan Pil KB Andalan

Terdapat beberapa jenis pil KB dan aturan pakainya. Untuk pil KB Andalan, zat aktif yang digunakan biasanya adalah Levonogestrel dan etinil estradiol, dan mungkin ada tambahan FE fumarate dan linesterol. Apa saja manfaat dan cara kerja kandungan tersebut? Ini penjelasannya.

  • Levonogestrel

Melansir dari WebMD, levonogestrel adalah hormon progestin yang bekerja terutama dengan mencegah pelepasan sel telur (ovulasi) selama siklus menstruasi. Kandungan ini juga membuat cairan vagina lebih kental di mana membantu mencegah sperma mencapai sel telur (pembuahan) dan mengubah lapisan rahim untuk mencegah perlekatan sel telur yang telah dibuahi.

Mengutip dari PIONAS, levonogestrel termasuk dalam kontrasepsi darurat yang dapat digunakan untuk mencegah kehamilan sebelum 72 jam setelah intercourse atau hubungan intim. Obat atau zat aktif ini diindikasikan atau digunakan untuk sexual intercourse yang tidak terlindungi, termasuk bila tidak menggunakan kontrasepsi, bila metode kontrasepsi gagal, atau dalam kasus pemerkosaan.

  • Etinil estradiol

Etinil estradiol sering dikombinasikan dengan levonogestrel sebagai obat kontrasepsi. Jika levonogestrel adalah hormon progestin, maka etinil estradiol adalah hormon estrogen. Etinil estradiol membantu mencegah kehamilan dan memiliki tambahan manfaat, yaitu membuat menstruasi Anda lebih teratur, mengurangi banyaknya kehilangan darah dan nyeri menstruasi, mengurangi risiko kista ovarium, serta mengobati jerawat.

  • FE fumarate

FE fumarate merupakan obat yang banyak digunakan untuk mengobati anemia atau penyakit akibat kekurangan zat besi. Kandungan ini akan mencegah kadar zat besi dalam darah rendah, seperti yang disebabkan oleh anemia, kehamilan, atau menstruasi. 

Zat besi sendiri termasuk mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah dan menjaga Kesehatan.

  • Linesterol

Linesterol merupakan hormon progestin yang digunakan untuk kontrasepsi dan dalam pengobatan untuk gangguan menstruasi. Kandungan linesterol dalam kadar rendah aman untuk ibu menyusui yang menjalani terapi KB.

Efek samping konsumsi pil KB Andalan

Sama seperti obat pada lainnya, konsumsi pil KB pun memiliki efek samping yang dapat terjadi. Anda yang masih bertanya-tanya mengenai efek konsumsi pil KB khususnya Andalan, berikut daftar efek samping yang mungkin Anda alami.

  • Pusing atau sakit kepala
  • Kerontokan rambut
  • Gangguan pencernaan, seperti mual dan muntah serta perut kembung
  • Kram perut
  • Nyeri payudara
  • Pergelangan kaki membengkak
  • Perubahan berat badan
  • Menstruasi tidak teratur
  • Perdarahan pada vagina
  • Pembengkakan pada pembuluh darah vena (tromboflebitis)
  • Penyumbatan pembuluh darah paru-paru (emboli paru)
  • Peningkatan tekanan darah
  • Risiko perdarahan

Jika Anda mengalami gejala yang parah dan tak kunjung hilang segera hubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Ini mungkin saja menyebabkan adanya penyakit lain.

Beberapa kondisi juga tidak diperkenannya mengonsumsi pil KB, seperti Anda yang hipersensitif dengan kandungan obat, merokok dan berusia 35 tahun atau lebih, serta dalam keadaan hamil atau beberapa dalam keadaan menyusui. 

Bila Anda menderita penyakit lain, seperti memiliki riwayat kejang, dengan penyakit jantung, hipertensi, dan diabetes melitus, memiliki gangguan fungsi hati dan ginjal yang berat, juga tidak diizinkan menggunakannya. 

Untuk itu, konsumsi Pil KB Andalan harus dengan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Memperolehnya pun setelah resep dokter selesai dibuatkan. Pil tersebut merupakan obat keras sehingga tidak boleh sembarang digunakan. 

Jika Anda sudah mengantongi resep dokter dan ingin menebus Pil KB Andalan, Anda bisa membeli Pil KB Andalan di Toko SehatQ. Dapatkan harga terbarunya dan dijamin asli hanya di Toko SehatQ. Kunjungi Toko SehatQ sekarang melalui website atau aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ yang bisa diunduh di App Store atau Play Store.

Leave a Reply