Melia Propolis, Air Liur Lebah dengan Segudang Manfaat Kesehatan

Melia Propolis, Air Liur Lebah dengan Segudang Manfaat Kesehatan

Melia propolis merupakan suplemen kesehatan yang terbuat dari resin lebah. Propolis berisikan getah dan zat dari tumbuh-tumbuhan yang dicampurkan dengan air liur lebah. Lebah menggunakan propolis sebagai lem atau sealant pada sarangnya agar semakin kuat dan mencegahnya dari cairan atau air hujan. 

Selain bermanfaat untuk lebah, propolis juga diketahui memiliki manfaat kesehatan. Simak artikel berikut untuk mengetahui manfaat Melia propolis untuk memelihara kesehatan tubuh.  

Manfaat Melia Propolis

Peneliti menemukan terdapat lebih dari 300 senyawa bermanfaat dalam propolis, dan banyak dari senyawa tersebut masuk dalam golongan polifenol. Polifenol merupakan antioksidan kuat yang berfungsi menjaga kesehatan tubuh dengan cara melawan penyakit dan kerusakan dalam tubuh. Selain itu, propolis juga dipercaya memiliki sifat antibakteri, antivirus, anti jamur, dan anti-inflamasi.

Berikut ini beberapa manfaat Melia propolis:

  1. Mempercepat penyembuhan luka

Propolis mengandung senyawa pinocembrin yang memiliki sifat antijamur dan antioksidan. Propolis juga memiliki sifat antimikroba dan antijamur. Sebuah penelitian menemukan bahwa ketiga kombinasi sifat tersebut dapat membantu mempercepat penyembuhan luka bakar dan mempercepat regenerasi sel yang sehat. 

Mengoleskan propolis ke luka pasca operasi mulut juga dapat mengurangi sel mast pada luka pasca operasi, dan lebih efektif daripada krim steroid yang biasa diresepkan. 

  1. Mengobati herpes

Herpes disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV). HSV-1 merupakan penyebab herpes mulut atau luka dingin, sedangkan HSV-2 menyebabkan penyakit menular seksual (herpes genital). 

Menerapkan propolis secara topikal ke area yang terpengaruh herpes dapat mempercepat penyembuhan dan mengurangi gejala dan luka yang disebabkan oleh luka dingin maupun herpes genital. Bahkan propolis lebih efektif daripada asiklovir, obat yang umum digunakan untuk mengobati herpes. 

  1. Berpotensi mencegah dan mengobati kanker

Propolis dipercaya memiliki efek anti-kanker karena beberapa senyawa dalam propolis dapat menghambat pertumbuhan sel kanker tertentu serta memicu kematian sel kanker. Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa flavonoid dalam propolis dapat bermanfaat dalam pengobatan kanker mulut, kanker paru-paru, kanker payudara, kanker kulit, dan lainnya. 

Namun dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas propolis dalam perawatan kanker. 

  1. Meringankan gejala arthritis

Propolis memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada tubuh, salah satunya arthritis atau radang sendi. Pemberian propolis dapat menghambat pembengkakan dan mengurangi gejala yang ditimbulkan. Namun perlu penelitian berskala besar untuk mengetahui efektivitasnya.

  1. Menjaga kesehatan mulut dan gigi

Menurut tinjauan penelitian pada tahun 2015, propolis dapat mencegah pembentukan kalsium fosfat penyebab utama plak gigi. Propolis juga memiliki sifat antibakteri yang secara signifikan menurunkan jumlah bakteri dalam air liur dalam penderita periodotitis. 

Bagaimana Cara Menggunakan Melia Propolis?

Melia propolis dapat dikonsumsi secara langsung sebanyak 5 tetes, 2 kali sehari atau dilarutkan dalam segelas air. Propolis juga bisa dijadikan sebagai obat topikal untuk mengboati luka luar. 

Untuk mengatasi masalah mulut dan gigi, larutkan sedikit propolis dalam air kemudian berkumur dengan cairan tersebut dan buang. Setelah itu berkumurlah dengan segelas air bersih. 

Efek Samping

Hingga saat ini belum ditemukan efek samping penggunaan propolis. Kasus reaksi alergi atau toksisitas pun jarang terjadi. Namun perlu diingat propolis memiliki kandungan yang berbeda-beda tergantung zat tumbuhan yang diambil lebah. 

Agar lebih aman, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah efek samping yang mungkin timbul. Hindari memberikan propolis pada anak di bawah usia 2 tahun. 

Melia propolis merupakan suplemen kesehatan yang terbuat dari 100% propolis asli. Propolis dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan mengobati berbagai penyakit. Namun sebelum mengonsumsi propolis, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu terutama jika Anda mengonsumsi obat resep, non-resep, atau suplemen lainnya.

Leave a Reply