Lakukan Hal Ini Agar Imun Tubuh Anak Tetap Bugar

Lakukan Hal Ini Agar Imun Tubuh Anak Tetap Bugar

calostrum

Imun berperan penting untuk melindungi tubuh oleh serangan dari luar yang mampu menyebabkan tubuh terserang penyakit. Serangan yang masuk bisa berupa bakteri dan kuman yang mengandung virus, jamur, hingga mikroba. Sebenarnya serangan yang masuk pada tubuh tidak akan mempengaruhi tubuh jika anak memiliki imun yang baik. Sebaliknya, saat anak memiliki imun tubuh yang kurang baik, tubuh anak akan lebih rentan terkena berbagai macam penyakit akibat bakteri,kuman, dan virus  yang masuk lewat tubuh anak. 

Lalu bagaimana cara agar imun anak tetap dalam kondisi imun yang baik?

Ada berbagai cara yang dapat orang tua lakukan agar imun anak terus dalam kondisi yang baik. Mulai dari terus memperhatikan asupan anak, memastikan anak cukup waktu tidurnya, aktif bergerak, rajin menjaga kebersihan, hingga menjauhi polusi yang beresiko dinilai berpengaruh baik dalam hal ini.

1. Perhatikan asupan anak

Agar anak memiliki imun yang baik, penting bagi orangtua untuk terus memperhatikan asupan yang masuk pada anak. Rutin mengkonsumsi makanan bergizi dan perbanyak makan sayur dan buah yang mengandung karotenoid seperti wortel, kacang hijau, jeruk, dan strawberry adalah salah satu langkah yang dapat orangtua lakukan untuk meningkatkan imun serta menjaga kekebalan tubuh anak. Jika dirumah terdapat banyak macam sayur dan buah, Anda bisa mengkombinasikan lima macam buah dan lima macam sayuran dengan porsi secukupnya agar anak mendapat nutrisi yang beragam.

2. Tidur cukup

Bukan lagi hal yang baru jika tidur termasuk salah satu cara tubuh untuk menyehatkan tubuh secara keseluruhan. Tidur mampu membuat organ tubuh terus bekerja dengan semestinya sehingga dapat terhindar dari resiko penyakit. Mendapat jam tidur cukup juga berpengaruh terhadap imun dan kekebalan tubuh. Saat tidur tercukupi, tubuh lebih bisa melawan virus penyebab penyakit yang datang. Setidaknya anak harus mendapatkan 10-13 jam tidur setiap harinya agar jam tidur anak tercukupi.

3. Aktif bergerak

Olahraga ternyata mampu meningkatkan jumlah sel pembunuh virus alami pada anak-anak. Anda bisa coba untuk mulai mengajak anak berolahraga ringan setiap hari. Akan lebih baik lagi jika kegiatan olahraga dilakukan diluar rumah seperti halaman agar anak tetap bisa mendapat cahaya matahari yang sehat. Anda bisa mengajak anak berjalan santai, bersepeda, hingga bermain bola atau tenis.

4. Selalu jaga kebersihan

Saat anak sedang dalam masa pertumbuhan dan aktif bergerak, terkadang anak tidak sadar akan bahayanya kuman yang menempel pada tangan. Anak juga kerap kali tak sengaja memasukkan jari kedalam mulut sehingga membuat anak lebih rentan terkena penyakit. Anda dapat terus menjaga kebersihan tangan anak dengan rutin mencuci tangan anak menggunakan sabun antibakteri dengan air yang mengalir tiap kali anak bermain dan habis bermain, serta sebelum makan dan sesudah makan.

5. Jauhi asap rokok

Asap rokok mengandung lebih dari 7000 bahan kimia berbahaya yang mampu mengiritasi anak. Itulah sebabnya mengapa anak kerap kali menderita berbagai penyakit infeksi seperti bronkitis, asma, hingga infeksi telinga jika terlalu sering terpapar asap rokok. Tak hanya itu, asap rokok juga mampu mempengaruhi kecerdasan dan perkembangan neurologis anak sehingga anak menjadi lebih lambat perkembangannya. Untuk itu, pastikan anak  tidak berada didekat anggota keluarga yang merokok agar bisa terus terhindar dari asap. Usahakan juga untuk hindari penggunaan rokok didalam ruangan.

6. Rutin konsumsi vitamin

Semakin besar anak, semakin banyak juga jumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh anak. Selain dari makanan, orangtua dapat memanfaatkan penggunaan vitamin untuk terus mendukung anak agar mendapat nutrisi baik yang dibutuhkannya. Salah satu vitamin yang dapat diberikan pada anak adalah Calostrum sirup. Tak hanya mampu mencukupi nutrisi hariannya, vitamin berbentuk sirup ini juga baik untuk memberikan perlindungan serta kekebalan pada tubuh sehingga anak dapat terhindar dari resiko berbagai penyakit. 

Berbagai kelebihan Calostrum sirup:

  • Membantu menjaga imun anak agar tidak mudah sakit
  • Memaksimalisasikan pertumbuhan tulang dan gigi anak
  • Baik untuk otak dan kecerdasan anak
  • Memiliki rasa enak yang disukai anak

Anda dapat memberikan Calostrum sirup 1-2 kali sehari sesudah makan untuk terus menjaga kesehatan serta imun anak.

Itulah beberapa langkah yang dapat Anda dilakukan agar imun tubuh anak tetap baik. Pastikan anak mendapat asupan yang cukup dari makanan, kemudian terus terapkan pola hidup sehat pada anak seperti aktif bergerak dan rutin mengkonsumsi vitamin akan membantu anak memiliki imun tubuh yang lebih baik sehingga dapat terhindar dari ancaman penyakit. 

Leave a Reply