Ketahui Lingkup Kerja Dokter Kulit Kelamin Sebelum Konsultasi

Ketahui Lingkup Kerja Dokter Kulit Kelamin Sebelum Konsultasi

Dokter kulit kelamin adalah dokter dengan spesialisasi untuk menangani berbagai keluhan dan masalah kesehatan yang berkaitan dengan kulit dan kelamin, termasuk rambut dan kuku, yang terjadi pada orang dewasa, anak-anak, serta orang tua.

Dokter kulit kelamin adalah dokter umum yang telah menyelesaikan pendidikan kedokterannya di bidang kesehatan kulit dan kelamin atau yang disebut juga dermatologi dan venereologi. Oleh karena itu, dokter kulit dan kelamin bisa memiliki gelar SpKK atau SpDV. Keduanya adalah gelar yang sama. Anda tidak perlu khawatir! 

Dokter kulit kelamin yang bagus melakukan perawatan di wajah pasien untuk mengatasi jerawat

Dokter kulit kelamin menguasai banyak ilmu, diantaranya mikologi (ilmu tentang mikroorganisme), patologi (ilmu tentang penyakit dan bagaimana penyakit bisa terjadi), dan fisiologi (ilmu tentang fungsi organisme dan bagian-bagian tubuhnya. Di samping itu, mereka juga mempelajari spesialisasi lainnya untuk mengatasi penyakit kulit yang ditimbulkan oleh kondisi internal tubuh maupun penyakit lainnya. 

Lingkup Kerja Dokter Kulit dan Kelamin

Karena cakupannya yang luas, ilmu kesehatan kulit dan kelamin dibagi lagi ke dalam beberapa bidang spesifik lainnya, yaitu: 

  • Dermatologi infeksi tropik 

Fokus dalam penanganan penyakit infeksi kulit di daerah tropis, meliputi selulitis, erisipelas (infeksi permukaan kulit oleh kuman Streptococcus), dan infeksi jamur seperti kurap dan kandidiasis. 

  • Dermatologi pediatrik 

Menangani keluhan permasalahan kulit dan kelamin pada anak. Ada pun hal yang ditangani oleh dokter spesialis kulit dan kelamin dalam bidang ini adalah tanda lahir dan hemangioma pada anak, penyakit kulit alergi pada anak, penyakit genetik kulit seperti iktiosis dan epidermolisis, kelainan kulit akibat malnutrisi, infeksi kulit pada anak, maupun kelainan kulit pada bayi baru lahir yang didapat saat masa kehamilan atau proses persalinan. 

  • Dermatologi alergi dan imunologi 

Bidang yang khusus menangani permasalahan kulit akibat alergi dan gangguan sistem imunitas tubuh, seperti dermatitis atopik, dermatitis kontak alergi, psoriasis (penyakit peradangan kulit menahun), urtikaria (biduran), angioedema (pembengkakan lapisan kulit akibat penumpukan cairan), dermatitis kontak iritan, juga penyakit kulit yang disebabkan oleh kelainan autoimun.

  • Dermatologi kosmetik 

Bidang ini biasa menangani masalah kecantikan kulit, seperti bekas luka, kerontokan rambut, sampai dengan perubahan kulit akibat usia. Selain itu, dokter spesialis kulit dan kelamin dermatologi kosmetik juga menangani penyakit kelainan pigmentasi kulit, hiperhidrosis osmidrosis, deposit lemak dan selulit, kelainan rambut, kebotakan dan hipertrikosis (kelainan pertumbuhan rambut), kelainan kuku yang bersifat kosmetik, dan hal-hal lain terkait dengan proses penuaan. 

  • Dermatologi geriatri 

Khusus menangani keluhan masalah kulit dan kelamin pada orang lanjut usia. Ada pun penyakit kulit dan kelamin yang biasa ditangani adalah pruritus, lentigo senilis, elastosis solaris, dermatitis asteatotik, dan sindrom Favre-Racouchot. 

  • Tumor dan bedah kulit 

Ini adalah bidang yang biasa melakukan penanganan terhadap tumor, kanker kulit dan prosedur bedah kulit. Beberapa penyakit ditanggulangi oleh bidang ini di antaranya, melanoma, karsinoma sel basal, serta skuasoma yang termasuk kanker kulit. Kemudian ada juga beragam tumor jinak pada kulit, penyakit prakanker seperti penyakit Bowen, dan leukoplakia. 

  • Penyakit Menular Seksual (PMS) 

Divisi ini menangani berbagai macam penyakit menular seksual, baik yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, maupun parasit seperti gonore, sifilis, vaginosis bakterial, herpes genita, pedikulosis pubis (kutu rambut kemaluan), dan kandidiasis vagina.

Jika Anda mengalami keluhan mengenai kulit dan kelamin seperti yang tertera di atas, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin terpercaya melalui aplikasi kesehatan keluarga sehatQ secara gratis. Unduh aplikasi sehatQ di Google Play atau App Store sekarang! 

Leave a Reply