Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah yang Aman

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah yang Aman

Bekas jerawat merupakan salah satu masalah yang cukup membuat orang-orang terutama wanita tidak percaya diri. Bekas jerawat di wajah ada yang berwarna kehitaman ada juga yang kemerahan. Bekas jerawat berwarna merah tersebut lebih sulit dihilangkan dari bekas jerawat biasa. Untuk itu, banyak orang yang mencari cara menghilangkan bekas jerawat merah tersebut agar cepat memudar.

Jerawat batu dan jerawat biasa memiliki penanganan yang berbeda

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah

Bekas jerawat yang kemerahan disebabkan oleh hiperpigmentasi dan biasanya akan memudar dengan sendirinya meski memerlukan waktu. Berikut beberapa cara menghilangkan bekas jerawat merah yang bisa kamu coba.

  1. Gunakan Tabir Surya

Paparan sinar ultraviolet dapat memperlambat kemampuan kulit untuk menyembuhkan bekas jerawat serta membuat bekas jerawat menjadi lebih gelap dan lebih merah. Karena itu, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya setiap kamu beraktivitas di luar ruangan. Penggunaan tabir surya bukan hanya dapat melindungi wajah kamu dari bahaya sinar ultraviolet, tapi juga dapat membantu agar proses penyembuhan bekas jerawat menjadi lebih cepat.

  1. Mengonsumsi Teh Hijau

Teh hijau mengandung komponen aktif yang disebut polifenol atau katekin, komponen tersebut memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi dan antibiotik serta melawan radikal bebas. Dalam sebuah penelitian, teh hijau dapat membantu memperbaiki lesi, kemerahan dan kulit yang teriritasi akibat jerawat.

Kamu bisa mengonsumsi teh hijau dalam bentuk minuman. Atau kamu juga bisa menggunakan masker teh hijau dengan cara:

  • Keluarkan teh hijau dari kantong teh dan basahi dengan air hangat.
  • Campur daun yang sudah kamu keluarkan dengan madu atau gel lidah buaya.
  • Oleskan campuran tersebut pada area bekas jerawat.
  • Diamkan masker selama 10 hingga 20 menit.
  1. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Menggunakan produk perawatan kulit, atau skincare merupakan salah satu cara menghilangkan bekas jerawat merah dengan cepat. Namun kamu harus memperhatikan kandungan pada skincare yang kamu gunakan. Pilih produk yang lembut dan aman di kulit seperti produk dengan bahan-bahan natural. Hindari juga produk dengan bahan-bahan yang dapat mengiritasi jerawat seperti pewangi, Sodium Lauryl Sulfate (SLS) dan paraben.

  1. Menggunakan Skincare dengan Kandungan Retinoids

Kamu bisa memilih produk perawatan kulit yang mengandung retinoid. Kandungan tersebut dapat menghaluskan bekas jerawat, mempercepat regenerasi sel, memperbaiki tekstur kulit, mengurangi perubahan warna dan membuat bekas jerawat tidak terlalu terlihat.

Penggunaan retinoid juga membuat kulit kamu sensitif terhadap sinar matahari. Karena itu, penggunaan tabir surya penting kamu gunakan setiap hari.

  1. Kompres Air Dingin

Untuk mengurangi jerawat dan kemerahan pada kulit, kamu bisa mengompresnya dengan air dingin untuk mengurangi peradangan. Kamu bisa membungkus es dengan kain bersih dan mengompresnya pada area kemerahan selama 5-10 menit dan ulangi. Namun hindari untuk mengoleskan es batu langsung ke kulit karena bisa menyebabkan kerusakan pada kulit.

Mencegah Bekas Jerawat Memerah

Ada beberapa pencegahan yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kemerahan pada bekas jerawat dengan cara-cara berikut ini.

  1. Jangan pernah memencet dan menyentuh jerawat karena hal tersebut bisa membuat jerawat memerah dan berpotensi meninggalkan bekas luka setelah sembuh.
  2. Rajin mencuci wajah dengan lembut minimal sehari dua kali. Gunakan sabun pencuci muka dengan bahan aktif yang dapat membuka pori-pori, menenangkan dan mengurangi peradangan serta membunuh bakter penyebab jerawat.
  3. Gunakan skincare yang dapat meredakan jerawat begitu jerawat muncul, agar jerawat semakin cepat kamu mengobati jerawat tersebut maka peradangan akibat jerawat cepat reda sehingga kemerahan akibat jerawat dapat berkurang.

Itulah beberapa cara menghilangkan bekas jerawat yang aman kamu lakukan di rumah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply