Cara Membuat Abon Sapi Kering yang Tahan Lama

Cara Membuat Abon Sapi Kering yang Tahan Lama

Abon sapi adalah bahan makanan yang disuwir halus dari daging sapi yang biasa dicampurkan pada nasi atau bubur. Cara membuat abon sapi sebenarnya cukup mudah. Anda bisa mempelajarinya dari berbagai buku resep atau dari internet.

Abon sapi juga merupakan bahan makanan yang cukup praktis untuk disantap. Sebab, selain bisa dicampurkan pada makanan, Anda juga bisa menjadikannya sebagai camilan ketika Anda sangat lapar. Juga tidak ada salahnya Anda membuat sendiri sebab abon homemade ini biasanya terjamin kebersihannya serta bebas dari bahan-bahan kimia yang dapat memberikan efek samping atau membahayakan tubuh.

Cara membuat abon sapi bisa dilakukan dengan mudah di rumah

Anda pun bisa mendapatkan bahan-bahan abon sapi ini secara mudah di pasar-pasar tradisional atau modern. Namun sebelum Anda memutuskan membuat sendiri abon sapi ini, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini ya!

Pilih bahan yang masih sangat segar

Ini adalah tips pertama yang perlu Anda ketahui. Bahan yang segar dan bahkan sangat segar itu sangat perlu. Mengapa? Karena bahan yang segar setidaknya akan menghindarkan Anda dari terkena penyakit. Selain itu, bahan yang segar akan membuat tampilan abon sapi yang Anda buat menjadi enak dilihat dan sedap disantap.

Tak hanya itu, bahan yang segar akan memberikan manfaat kesehatan yang efektif bagi tubuh. Karena itu, pilihlah bahan yang segar dalam pembuatan, yaitu daging sapi yang baru dipotong.

Gunakan api dalam skala sedang

Saat Anda sedang mengolah abon sapi homemade, Anda juga tidak boleh sembarangan yang dapat berakibat pada tekstur dan rasa abon.

Karena itu, gunakanlah api berskala sedang saat mengolah makanan ini. Api dengan skala demikian akan menghindari tingkat kematangan yang tidak merata. Supaya abon sapi rumahan yang Anda buat ini juga bagus hasilnya dengan kematangan yang sempurna, pastikan juga untuk selalu mengaduknya.

Pakai peralatan bersih

Cara membuat abon sapi secara mandiri juga tidak bisa dilepaskan dari faktor pemakaian peralatan memasak yang bersih. Mengapa? Karena peralatan memasak yang bersih akan membuat abon sapi buatan Anda terhindar dari kontaminasi bakteri yang sangat berpotensi menempel pada peralatan masak.

Selain peralatan, Anda juga harus memperhatikan pada jenis peralatan masak yang Anda pakai. Karena abon mempunyai bahan yang lengket pastikan untuk mengolahnya dalam panci anti lengket yang akan memudahkan Anda dalam mengolah.

Perhatikan pada saat menyaring minyak

Apabila Anda ingin membuat abon sapi kering, hal yang harus Anda perhatikan adalah saat menyaring minyaknya. Pastikan minyak yang dipakai untuk mengolah abon dan ada dalam kandungan abon tidak ada lagi yang menetes. Abon sapi kering dan tidak berminyak biasanya  mempunyai keunggulan bisa tahan lebih sampai berbulan-bulan.

Level keasinan harus tetap terjaga

Supaya abon sapi rumahan buatan Anda benar-benar sukses dan enak seperti abon-abon sapi yang dijual di pasar, Anda harus bisa menjaga level keasinan dari abon tersebut. Rasa asin pada abon ini juga merupakan bahan pengawet alami yang setidaknya cukup menyehatkan.

Selain membuat abon sapi kering rumahan, Anda juga bisa membuat abon sapi kering dengan cita rasa pedas. Caranya Anda tinggal menambahkan cabe rawit dalam bumbu halus pembuatan abon. Abon sapi kering pedas ini juga bisa tahan lama sampai berbulan-bulan.

Itulah mengenai hal-hal yang harus diperhatikan saat Anda membuat abon sapi sendiri. Semoga cara ini dapat membantu Anda menghasilkan abon rumahan yang bagus dan tidak kalah kualitasnya!

Leave a Reply