Cara Membersihkan Air Cooler Terbaik

Cara Membersihkan Air Cooler Terbaik

Sekarang ini kita disajikan pilihan lain untuk penyejuk ruangan. Selain air conditioner atau AC, saat ini juga sudah ada produk yang bernama air cooler. Fungsi air cooler ini pada umumnya sama dengan AC. Namun, perbedaannya adalah kalau AC memberikan sensasi kering sementara air cooler menjaga kelembapan udara. Akan tetapi, bagaimana cara yang tepat membersihkan air cooler terbaik anda? 

Nah, berkenaan dengan pertanyaan tersebut, artikel ini akan menyampaikan cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan air cooler. Sebagai informasi, air cooler memang produk yang harus rutin dibersihkan. Tentu kondisi tersebut berbeda dengan AC yang baru dibersihkan beberapa bulan sekali. Untuk air cooler sendiri, bila tidak dibersihkan bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan anda, seperti meningkatkan risiko terkena paru-paru basah. 

Air cooler tak hanya menyejukkan, tapi juga menjaga kelembapan ruangan

Lebih lanjut, membersihkan air cooler terbaik anda perlu dilakukan supaya tidak mengganggu pula saluran pernapasan. Pasalnya, kotoran yang kerap menempel di air cooler adalah debu. Nah, debu yang menumpuk bila tidak dibersihkan ini tentu saja bisa membuat saluran pernapasan anda terganggu. Agar menghindari kondisi itu, tentu air cooler harus dibersihkan secara rutin. 

Adapun langkah pertama membersihkan air cooler terbaik anda adalah dengan melepaskan filter penyaring udaranya. Untuk diketahui, biasanya bagian ini berada di bagian belakang alat atau di sampingnya. Setelah dilepas, anda tinggal membilasnya sampai bersih. Di sisi lain, jangan lupa pula untuk mengelapnya pakai kain bersih, ya. 

Selain itu, anda juga perlu membersihkan bantalan pendingin air cooler. Bantalan pendingin ini biasanya disebut dengan cooling pad. Selain membersihkan bantalan secara rutin, anda juga disarankan mengganti bantalan pendingin setidaknya satu kali dalam setahun. 

Air cooler terbaik anda bisa menjaga kelembapan udara karena ada tangki air. Dalam merawat air cooler, tangki juga perlu dibersihkan. Tentu kita sudah ketahui bersama apabila suatu benda yang lama terkena air bisa berlumut. Oleh karena itu, dalam membersihkan tangki air, pastikan pula anda menggosoknya sampai benar-benar bersih. 

Dalam menggosok tangki air, anda juga tidak masalah bila ingin menggunakan sabun dan memakai air hangat. Nah setelah semuanya sudah digosok, anda tinggal membilasnya sampai bersih. Pastikan sudah anda lap juga, ya, agar tidak ada bekas sabun yang menempel di tangki airnya. 

Supaya air cooler terbaik anda awet, maka perawatan yang diperlukan adalah mengelap bagian dalam dan luar air cooler. Sebagaimana yang disampaikan, air cooler ini kotorannya sering kali adalah debu. Hal itu bisa terjadi karena fungsi air cooler adalah menyedot hawa panas, sehingga tidak menutup kemungkinan debu juga ikut tersedot dan menempel di bagian air cooler. 

Saat mengelap bagian dalam dan luar air cooler, anda bisa menggunakan kain basah yang sudah diperas sebelumnya. Namun disarankan setelah mengelap dengan kain basah, anda lap lagi dengan kain kering agar di badan air cooler anda tidak ada bekas air mengering. 

Apabila semua tahap tersebut sudah selesai, anda tinggal memasang kembali bagian yang sudah dilepaskan. Perlu diingat, jika air cooler anda ada roda, pastikan rodanya sudah terkunci agar pencopotan dan pemasangan lebih mudah. Di sisi lain, mengunci roda air cooler ini sangat membantu supaya tangki air tidak tumpah saat anda memasukkannya kembali ke bagian dalam. 

Itulah langkah-langkah yang perlu diperhatikan sebelum membersihkan air cooler terbaik anda. Meskipun bisa dibilang sederhana, tapi harus dilakukan juga dengan hati-hati. Bagaimanapun air cooler tetap alat elektronik yang bila kita asal-asalan memperlakukannya, bisa bikin alat cepat rusak.

Leave a Reply