Benarkah Antimo Efektif atasi Mabuk Perjalanan pada Anak?

Benarkah Antimo Efektif atasi Mabuk Perjalanan pada Anak?

Anak-anak memang sangat rentan mengalami mual muntah atau mabuk perjalanan saat berkendara. Salah satu obat yang sering dicari untuk mencegah mabuk terjadi adalah Antimo.

Bahkan obat ini juga punya produk yang dikhususkan untuk anak berupa sirup rasa jeruk. Tapi, apakah benar kandungan yang terdapat di dalamnya aman?

Bagaimana cara kerja obat ini mengatasi mabuk perjalanan pada anak-anak? Simak ulasan lengkap terkait kandungan obat dan tips pemakaiannya untuk anak berikut ini!

Kenapa anak mudah mabuk perjalanan?

Mabuk perjalanan adalah kondisi yang umum terjadi pada anak-anak. Kondisi ini dapat terjadi saat otak anak menerima informasi yang bertentangan.

Mulai dari indera mata, telinga, dan saraf di persendian dan otot. Bayangkan seorang anak duduk di kursi belakang mobil yang posisinya lebih rendah dari jendela, sembari sibuk bermain game di HP mereka.

Pada telinga bagian dalam, anak akan merasakan gerakan. Tetapi mata dan tubuhnya tidak. Kondisi ini dapat sebabkan sakit perut, keringat dingin, kelelahan, kehilangan nafsu makan, hingga muntah.

Cara mencegah mabuk perjalanan pada anak

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memastikan anak mendapatkan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman, pastinya tanpa mabuk kendaraan. Di antaranya:

  • Kurangi masukan sensorik

Saat berkendara jangan berikan anak mainan, buku, atau gadget. Ajak anak untuk fokus ke hal-hal yang ada di luar jendela mobil

  • Pilih menu makanan dengan baik

Sebelum dan selama perjalanan, jangan berikan anak makanan berat. Cukup berikan mereka cemilan ringan seperti biskuit

  • Pastikan ventilasi udara baik

Ventilasi udara yang baik bisa mencegah anak mabuk perjalanan

  • Alihkan perhatian

Jika anak merasa cemas akan mabuk, coba alihkan perhatian mereka dengan hal yang mereka sukai. Seperti mendengarkan musik, atau bernyanyi bersama

  • Gunakan obat

Jika anak sangat sering mengalami mabuk perjalanan, orang tua bisa menawarkan obat dengan kandungan dimenhidrinat (Dramamine) seperti Antimo yang dapat dibeli secara bebas di apotek

Mengenal kandungan Antimo

Obat ini memiliki kandungan aktif bernama dimenhydrinate atau juga populer dengan sebutan classic dramamine. Kandungan ini merupakan golongan obat antihistamin.

Dramamine bisa mengurangi efek histamin dalam tubuh dan dapat bekerja untuk mengurangi mual, mencegah muntah, dan pusing, yang terkait dengan mabuk perjalanan.

Pada Antimo anak sendiri konsentrasinya sudah disesuaikan agar aman untuk dikonsumsi anak yakni 12,5 mg dimenhydrinate.

Apakah aman untuk anak?

Karena diformulasikan khusus untuk anak, maka produk ini pastinya aman digunakan oleh anak-anak. Namun, dosis dan aturan penggunaannya tetap harus diperhatikan ya.

  • Bagi anak usia 2-6 tahun: minum 1-2 sachet sebelum perjalanan lalu ulangi setelah 6 atau 8 jam. Maksimal 79 mg per hari
  • Anak usia 6-12 tahun: minum 2 sachet sebelum perjalanan lalu ulangi setelah 6 atau 8 jam. Maksimal 150 mg per hari

Untuk memaksimalkan kerjanya, dianjurkan meminum obat ini 30 hingga 60 menit sebelum perjalanan. Jangan berikan obat dengan kandungan dimenhydrinate pada anak di bawah usia 2 tahun, tanpa pengawasan dokter.

Selalu ikuti anjuran pemakaian obat yang ada pada label produk. Jangan konsumsi melebihi batas pemakaian ya.

Efek samping

Tidak berbeda dengan berbagai jenis obat lain, obat ini juga memiliki efek samping. Pada banyak kasus, efek samping yang muncul adalah gejala ringan.

Seperti mulut yang terasa kering. Hal ini bisa diatasi dengan cara mengunyah permen karet tanpa gula atau permen lunak. 

Gejala lain yang mungkin muncul mulai dari pusing, mengantuk, gangguan koordinasi, sakit kepala, hingga sakit perut.

Nah itu dia ulasan terkait manfaat Antimo untuk masalah mabuk perjalanan pada anak. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply